Sabtu, 21 April 2012

The New Scania K 308 IB PO Harapan Jaya

Geliat dunia per-bisan semakin menunjukan greget-nya di negeri tercinta, itu dapat dilihat dengan diluncurkannya berbagai type mesin bis terbaru dari berbagai merek dan langsung digunakan oleh banyak perusahaan otobis guna ikut meramaikan persaingan di dunia transportasi.

Salah satu type mesin terbaru yang di luncurkan adalah K 380 IB yang merupakan varian terbaru dari SCANIA, yaitu pabrikan chassis dan mesin bus asal Swedia. PO. Harapan Jaya menjadi pemilik pertama chassis ini d
i Indonesia dengan menggunakan karoserie Tentrem model “Scorpion King”..

Filosofi nama "Scorpion King" diambil dari model body bis tersebut yang menyerupai kalajengking (Scorpion) dan nama "King" diambil dari nama Sang Owner, yaitu Alm. Bpk. Khuncoro (King Zhu). Sebagai wujud penghormatan terakhir dari pihak Karoserie Tentrem untuk beliau, maka Karoserie Tentrem memutuskan memberi nama "Scorpion King" pada body bus keluaran baru tersebut.


Perlu diketahui juga bahwa body bagian belakang bus ini sudah mengalami penggantian model sebanyak 4 kali. Hal ini dikarekanakan Bpk. Alm. Khuncoro merasa tidak cocok dengan model-model yang ditawarkan sebelumnya.

Menurut informasi dari Bpk. Eko, yang bertindak selaku "komandan" Bus Malam PO. Harapan Jaya, bus ini akan kembali lagi ke Tentrem untuk mempercantik bagian-bagian yang dirasa masih kurang, karena pada saat pengerjaannya. Pihak PO. Harapan Jaya meminta agar Tentrem segera menyelesaikannya karena bus tersebut akan digunakan untuk acara prosesi pemakaman Alm. Bpk. Khuncoro.


Bus ini dinobatkan menjadi bus dengan "Atap tertinggi" yang pernah dimiliki oleh PO. Harapan Jaya, sehingga pada saat bis tersebut datang di garasi, pihak PO. Harapan Jaya harus memangkas beberapa bagian atap garasi miliknya (Insan/MBL, Photo by Yahya/MBL) 

0 komentar:

Posting Komentar